Undangan Menulis di Jurnal Retorika

Bapak/Ibu dosen, diundang dengan hormat untuk menjadi penulis Jurnal RETORIKA, jurnal ber-ISSN (ISSN 2301-4768) yang diterbitkan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar. Jurnal RETORIKA terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus berisi tulisan  ilmiah dari hasil penelitian bahasa, sastra, dan pengajarannya. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya diterbitkan sejak tahun 2003.

Artikel dapat dikirim ke email: jurnal.retorika@gmail.com dan dapat ditembuskan email penyunting pelaksana; sultan.unm@gmail.com dan/atau baharman.unm@gmail.com.

Untuk kelancaran proses penyuntingan, Bapak/Ibu dapat menyesuaikan dengan petunjuk penulisan artikel berikut.

Petunjuk Penulisan Artikel

RETORIKA:

Jurna Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya

ISSN 2301-4768

  1. Artikel yang dipublikasikan berupa hasil penelitian bahasa, sastra, dan pengajaran-nya.
  2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Naskah diketik dengan huruf Times News Roman dengan ukuran 12 poin dan spasi ganda. Tulisan dicetak pada kertas A4 dengan panjang naskah antara 20—30  halaman yang diserahkan dalam bentuk print out sebanyak tiga eksemplar disertai dengan soft copy.
  3. Artikel bukan karya plagiat dan belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang di-kirim ke jurnal lain. Penulis menyertakan pernyataan yang berisi keterangan bahwa karya yang dikirim ke Jurnal Retorika bukan hasil plagiat dan belum pernah dipub-likasikan/tidak sedang dikirim ke jurnal lain.
  4. Sistematika artikel terdiri atas: judul, nama penulis yang disertai nama lembaga dan alamat lembaga serta alamat email penulis utama, abstrak dan kata kunci, pendahu-luan, metode, hasil penelitian dan pembahasan, simpulan, dan daftar pustaka acuan.
  5. Judul artikel dicetak dengan huruf kapital yang diletakkan di tengah-tengah, ukuran huruf 14 poin, dan dicetak tebal. Judul dalam bahasa Indonesia tidak lebih dari 12 kata, judul dalam bahasa Inggris tidak lebih dari 10 kata. Bentuk huruf judul pada bagian artikel sebagai berikut.PERINGKAT 1 (HURUF KAPITAL, RATA KIRI, CETAK TEBAL)Peringkat 2 (Huruh Kapital-Huruf Kecil, Rata Kiri, Cetak Tebal)Peringkat 3 (Huruh Kapital-Huruf Kecil, Rata Kiri, Cetak Tebal Miring)
  6. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, semua nama penulis wajib dican-tumkan. Penyunting hanya berkomunikasi dengan penulis utama, yakni penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama.
  7. Abstrak dan kata kunci berkisar 80—100 yang ditulis dalam dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak ditulis dengan spasi satu. Abstrak  berisi judul penelitian, tujuan penelitian, metode, hasil penelitian, dan simpulan.
  8. Bagian pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian.  Seluruh bagian pendahuluan disajikan secara terintegrasi da-lam bentuk paragraf. Panjang bagian pendahuluan 15-20 %  dari total naskah.
  9. Metode penelitian berisi penjelasan metode yang digunakan peneliti untuk meng-hasilkan temuan. Panjang bagian metode berkisar 10—15  % total panjang naskah.
  10. Hasil penelitian berisi paparan yang sesuai dengan tujuan penelitian. Setiap hasil penelitian harus dibahas yang berisi pemaknaan dan pembandingan dengan teori terdahulu/hasil penelitian sebelumnya. Panjang paparan hasil penelitian antara 50-60 % total panjang artikel.
  11. Bagian simpulan berisi temuan penelitian dan intisari hasil pembahasan. Kesim-pulan dipaparkan dalam bentuk paragraf. Panjang simpulan antar 5–10%  total pan-jang naskah.
  12. Sumber rujukan menggunakan pustaka mutakhir. Sumber rujukan minimal 80 % terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutamakan adalah sumber primer berupa artikel dalam jurnal dan hasil penelitian, termasuk skripsi, tesis, dan disertasi. Artikel yang dimuat di jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional sangat disarankan untuk dijadikan rujukan.
  13. Tata cara penyajian kutipan, rujukan, tabel, gambar, dan penulisan daftar pustaka mengacu kepada pedoman penulisan karya ilmiah yang berlaku secara umum. Artikel berbahasa Indonesia ditulis dengan mengacu kepada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan istilah yang telah dibakukan.
  14. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bestari (reviewers) yang ditunjuk penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan melakukan perbaikan naskah atas dasar saran/rekomendasi dari mitra bestari dan atau penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah disampaikan secara tertulis kepada penulis.
  15. Segala sesuatu yang menyangkut perizinan penggutipan atau penggunaan sofware komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis artikel beserta konsekuensi hukumnya menjadi tanggung jawab penulis artikel.
  16. Naskah tulisan yang telah dicetak disertai dengan soft copy  dalam CD dikirim ke Redaksi Jurnal RETORIKA, Kantor Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar Lantai II,  Jalan Daeng Tata Raya, Kampus Parantambung Universitas Negeri Makassar atau melalui email: jurnal.retorika@gmail.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: