Ujian Nasional Tinggal Hitungan Jam, Hati-hati Kunci Jawaban dan Bocoran Soal!

Ujian nasional 2008, khususnya bagi siswa SMA tinggal hitungan jam. Mungkin inilah saat-saat mendebarkan dan menegangkan bagi siswa yang akan mengikuti ujian nasional tahun ini. Mendebarkan dan menegangkan sebab perjuangan di bangku sekolah yang berlangsung selama tiga tahun akan ditentukan dalam beberapa hari ke depan. Seolah minggu ini mewakili, 3 tahun yang telah di lalui. Kalau gagal, maka gagallah perjuangan tiga tahun itu. Sebaliknya, jika berhasil, berhasil pula perjuangan tiga tahun tersebut.

Ketegangan mungkin akan melanda Anda yang berstatus siswa, karena Andalah yang akan berada di garis terdepan besok. Namun, kegalauan dan kecemasan bisa jadi akan dirasakan orang tua dan juga guru. Oleh karena itu, untuk Anda semua, mari bersantai dan melepaskan ketegangan.

Saat ini tidak perlu tegang, cemas dan takut. Sebaliknya optimislah. Bukankah semua usaha sudah Anda lakukan, semua doa juga telah dipanjatkan. Jadi, tidak ada yang perlu dirisaukan. Karena kerisauan tidak pernah membantu seseorang pun di dunia ini untuk keluar dari tekanan. Sebaliknya, optimisme dapat membangkitkan keyakinan dan kepercayaan diri.

Di masa-masa yang menentukan ini, sering kali terlalu banyak godaan yang datang menemui Anda. Dari desas-desus yang berkembang di kalangan siswa, browsing internet, cukup banyak siswa yang menggantungkan nasibnya pada bocoran soal dan kunci jawaban. Waspada! Waspadalah!Waspadalah!

Bukan untuk sok suci, tetapi dua perbuatan di atas jelas tidak diridhoi oleh Allah swt. Oleh karena itu, tidak ada gunanya mengantungkan nasib pada kunci dan bocoran soal. Ingat, siapa yang menjamin bahwa Anda betul menemukan kunci jawaban dan bocoran soal. Jika Anda sakah, sudah pasti fatal akibatnya.

Kemudian, perbuatan tersebut sudah jelas ‘diharamkan’ dalam UN. Jika Anda ketahuan, meskipun dengan bocoran dan kunci soal yang tidak benar, maka ganjaran besar bisa Anda dapatkan. Selain, tidak lulus ujian, Anda pun dapat menjalani proses hukum. He..he.. membocorkan rahasia negara lho…

Begitu juga dengan ulah orang yang iseng dan tidak bertanggung jawab. Mereka iseng, Anda bisa kena batunya.

Jadi, santai saja. Tidak perlu menghalalkan segala cara. Kelulusan di UN kali bukanlah tujuan akhir dari segalanya. Jika lulus, hidup Anda belum dapat dikatakan sukses untuk selamanya, tetapi baru sukses pada tahap ujian akhir. Begitu pula ketidaklulusan juga bukan neraka bagi Anda. Ketidaklulusan juga tidak mengakhiri segalanya. Perjalanan masih panjang kawan……

23 Tanggapan

  1. Kasihan para siswa indonesia… Pemaksanaan standarisasi malah melahirkan rusaknya attitude …

  2. kepada semua orang yang melihat pesan ini, apabila anda memiliki bocoran soal-soal UAN 2008 SMK, saya mohon dengan sebesar-besarnya anda sudi memberikannya kepada saya. jika anda sudi kirimkan ke ralyagni@gmail.com. semoga kebaikan anda di balas oleh Allah SWT. dengan sebaik-baiknya balasan.
    atas perhatian anda, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

  3. saya setuju tapi saya rasa title yang anda gantungkan justru menjadikan manusia2 SMA ini semakin terobsesi untuk mencari kunci jawaban. Salah satu jalannya adalah meng-comparekan semua jawaban yang mereka temukan sehingga, begitu mereka menemukan jawaban yang sama antara blog satu dan yang lain maka ia akan menganggap itu sebagai kebenaran dan semakin bersemangat untuk mencari kebenaran jawaban itu lebih lanjut.
    “Hati-hati”yang anda cantumkan pada title justru memberikan paradigma kepada mereka bahwa bocoran2 yang ada tidak sepenuhnya salah. Seperti yang saya katakan tadi bahwa mereka akan mengalokasikan sebagian besar waktu terakhirnya untuk mencari kebenaran palsu tersebut daripada belajar atau menenangkan diri. Ada baiknya bila kita membuat suatu wacana persuasif tentang hal yang positif gunakanlah kata2 negatif misalnya”jangan hiraukan bocoran…”,”jangan pernah…” dll.
    Saya rasa kalimat otoriter semacam itu akan mudah diserap oleh anak2 SMA kita yang masih terbiasa di”suapi” materi2 di kelasnya. Anak2 SMA kita rata2 belum sampai pada tahap aktualisasi diri pada baik buruk suatu pernyataan persuasif namun pada mudah atau tidaknya kalimat itu dipahami.(btw saya anak SMA jg lo but it’s okay)

  4. tolomg donk krmkn bocoran un 2008

  5. jauh di kampung-kampung pelosok standard pelajaran tidak akan sama dengan yang di kota.
    jadi akan banyak siswa yang tidak akan akan lulus mengikuti UAN

  6. ni gambar danau n gunung nya daerah mana???

  7. Ujian nasional seakak-akanmenjadi momok yang sangat mengerikan bagi seluruh pelajar di tanah air. Tak hanya siswa saja yang menjasi stress. Justru orang tualah yang kini getar-getir untuk mengetahui hasil belajar anaknya yang ditentukan lewat ujian ini. Tepat hari ini lebih dari 2juta pelajar menengah ke atas melaksakan ujian tersebut. Tentunya mereka harus bekerja keras untuk bisamencapai hasil yang maksimal. Justru kenapa ada oknum-oknum yang bisa mengahncurkan masa depan mereka dengan mengiming-imingi kunci jawaban? kita tahu bahwa pendistribusian naskah soal begitu rahasia dan dikawal oleh polisi. sungguh kebohongfan besar bagi mereka yang menjadi oknum yang hendak menjual kunci jawaban Ujian tersebut. Darimana dia memperoleh kunci tersebut? sedangkan sekarag soal terbagi menjadi dua, yaitu genap dan ganjil atau A dan B. Hal inilah yang menyebabkan banyak siswa peserta Ujian tahun lalu yang tidak lulus. Untuk ke depannya kita berharap berbagai macam kecurangan dalam pelaksanaan Ujian ini bisa diminimalisir. Untuk penulis thank’s. buat peserta ujian jangan pernah sia-siakan masa ujianmu dengan berbagai kecurangan. Sukses buta kia semua

  8. tolong yg pny kunci jwban buat soal A paket 67 untuk semua pel kirimin SMS ke 085959870411…
    deme menolong anak2x menghindari paket C dengan dalil pemerintah yg sbnrnya hny ingin mencari keuntungan!!!

  9. Tolong kirim bocoran kunci jawaban UN 2008 besok dan lg 2 hari ke e-mail saya sekarang.

  10. wah gw kok gk dpt bocorannya ya mas??
    btw prediksi mas tntg soal2 taun kmrn akan keluar terbukti 50persen saya Insya Allah kuasai dr pelajaran Matematika. Thank mas.

  11. jangan ragu. kuatkan hati dan niat untuk menghadapi ujian.

  12. mna to bcran soal unas yg d gmbar gmbrin d tv tu???mbkyo bagi2………..!!!!!!!!!!!!!!

  13. saya minta tolong donk
    dikirimi
    SKL unas buat mata pelajaran Smp?please

  14. skalian minta bocoran unasnya ya kirim di vannyputri74@yahoo.co.id

  15. un kok takut, tinggal cari joki aja, kan banyak di negara ini, gitu aja kok repooot.

  16. pliz klo ada yang punya bocoran soal….plis tolong kirim ke e@mail gw…..thankz befpre

  17. ga” sah tkt enjoy aja kan yg penting bljar n doa agar lulus

  18. deg2an nich mau ujian. minta bocoran soal ujian dong biar lu2s dgn memuaskn?

    mkasih s’blumnya

  19. pendidikan bukan pemaksaan!!
    pendidikan harus berjalan apa adanya!!
    dengan adanya standar kelulusan itu malah membuat pendidikan kacau!!
    karna menghalalkan segala cara untuk lulus!!
    mentri sech enak dia udah ga ikut UJIAN LAGI!!
    MIKIR DONG YANG JALANIN!!!! PKOKe W HRUS LULUS APAPUN ITU CRA NYA!!! BGI BCORAN GEH… PLIESE!!!

  20. BTE,,,,,BTE,,,,
    STRESSS w mikirin ujian…….
    ad yank jual kunci jwaban UN 2009 GA TO X11 IPA!!!

  21. bagi yang mau ikut ujian besuk senin,
    ya, semoga beruntung deh….

  22. Belajar dng sungguh2 dan yg pling penting Berdo’a, agar dlm UN nanti bisa di lwt dngn hsil yg memuaskan. Tp bleh jg bocorannya lw emang bner2 bisa di percaya.. He2x mint4 dunx krm ke email saya ramdanyr@yahoo.co.id (bwt nak IPS).

  23. Tlg minta knci jwbän dtik2 un smp dong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: