Strategi Jitu Lulus Ujian Nasional 2008

Syarat kelulusan yang meningkat dibandingkan tahun lalu menjadi tantangan bagi guru, siswa, sekolah, dan juga orang tua. Belajar saja tidak cukup. Untuk dapat lulus Ujian Nasional (UN), diperlukan strategi jitu. Beberapa strategi berikut dapat dilakukan dalam menghadapi UN 2008.

Pertama, pelajari dan kuasai materi dari soal-soal yang diujikan dalam UN tahun lalu hingga beberapa tahun lalu. Ini penting, karena dari tahun ke tahun, soal-soal yang diujikan dalam ujian nasional cenderung merupakan pengulangan dari tahun sebelumnya. Artinya, soal-soal tersebut berasal dari materi yang sama tetapi mengalami sedikit modifikasi. Misalnya dalam pelajaran Bahasa Indonesia, tahun 2006 yang lalu menanyatakan amanat yang tekandung dalam petikan cerpen, pertanyaan yang sama kembali muncul pada tahun 2007 hanya dengan mengubah petikan cerpennya. Begitu juga materi lain dan pelajaran lainnya. Pengulangan materi dari tahun ke tahun dalam ujian nasional bisa mencapai 60-70 %. Bayangkan saja jika siswa menerapkan strategi ini, berarti mereka sudah dapat menjawab soal ujian hingga 70 % pula.

Kedua, miliki panduan ujian yang dikeluarkan BNSP melalui Puspendik, utamanya contoh-contoh soal yang diberikan. Mengapa? Boleh dikatakan bahwa contoh-contoh soal tersebut merupakan ‘pembocoran’ soal UN secara halus. Artinya, bentuk soal tersebut akan keluar hanya dengan sedikit perubahan. Jadi, kalau misalnya di panduan tersebut dicontohkan 15 item soal, kuasailah materi dan cara penyelesainnya. Kelak di UN siswa akan menyelesaikan dengan mudah dan benar pula 15 item soal. Jika demikian, nilai 3,0 sudah berada di tangan.

Ketiga, kuasai materi-materi yang yang terdapat dalam Standar Kompetensi Kelulusan (SKL). Sudah bisa dipastikan bahwa SKL merupakan acuan utama pembuatan soal UN. Soal-soal yang diujikan tidak akan melenceng dari SKL tersebut.

Keempat, perbanyak berlatih menyelesaikan prediksi soal-soal.  Dengan seringnya berlatih, siswa akan terbiasa menyelesaikan soal-soal dengan berbagai variasi. Kelak ketika tiba di ‘pertempuran’ yang sesungguhnya siswa tidak kaget lagi dengan model soal yang ada.

Hal-hal di atas merupakan strategi teknis yang dapat dilakukan. Namun, demikian strategi untuk hal-hal nonteknis juga tidak kalah pentingnya. Untuk itu, berikut ini beberapa strategi nonteknis yang dapat dilakukan.

Pertama, khusus soal bacaan (utamanya dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), bacalah terlebih dahulu pertanyaan sebelum membaca bacaan. Mengapa? Membaca bacaan membutuhkan waktu yang lama dan itu berarti Anda kehilangan waktu. Selain itu, jika Anda membaca bacaan terlebih dahulu baru kemudian membaca pertanyaan, bisa jadi Anda akan kembali mengulang membaca bacaan tersebut untuk kedua kalinya. Berapa lama waktu Anda terbuang?

Contoh kasus, jika pertanyaan hanya menanyakan ide pokok paragraf pertama, berarti Anda hanya butuh membaca paragraf pertama. Tidak perlu membaca bacaan secara keseluruhan karena itu hanya membuang waktu.

Kedua, dahulukan soal yang mudah. Ini strategi yang sudah umum tetapi sangat penting. Anda tidak bisa berlama-lama membuang waktu untuk satu item soal yang susah. Selesaikan dulu soal yang mudah baru kemudian kembali ke soal yang susah. Memperoleh nilai yang tinggi dalam UN sangat penting, tetapi untuk lulus tidak mesti memperoleh nilai 10. Jadi, soal yang mudah akan membantu Anda lulus.

Ketiga, eleminasi segera jawaban yang Anda pastika salah. Untuk siswa SMP, terdapat empat pilihan jawaban. Artinya, persentase kemungkinan benar untuk setiap item soal sebesar 25 %. Tetapi, jika Anda mengeleminir satu saja pilihan jawaban dengan memastikan pilihan tersebut salah, maka persentase kebenaran jawaban Anda menjadi 33,3 %. Bahkan jika Anda mengeleminir dua jawaban, persentase kebenaran Anda sudah 50 %. Jika sudah seperti ini dan Anda betul-betul tidak bisa memilih satu diantara dua jawaban yang tersedia, peluang Anda untuk menjawab benar sudah 50 %. Jadi, ‘tembak’ saja!

Keempat, hati-hati dengan bocoran soal yang sering kali beredar menjelang UN. Untuk keuntungan pribadi, sering kali orang-orang yang tidak bertanggung jawab mengedarkan soal yang diklaim sebagai bocoran soal UN. Padahal, tujuan mereka hanya untuk meraup keuntungan dengan menjual soal tersebut. Hal ini dapat membuat siswa terlena karena merasa yakin sudah memperoleh bocoran soal, mereka tidak belajar lagi.

Kelima, hati-hati dengan kunci jawaban palsu. Sama dengan poin keempat di atas, menjelang UN sering kali beredar kunci jawaban yang dibuat orang tak bertanggung jawab untuk keuntungan pribadi. Ini sangat berbahaya! Lebih berbahaya dibandingkan dengan poin empat di atas. Bayangkan saja, jika kuncil tidak memiliki hubungan dengan jawaban. Anda sangat mungkin tidak lulus UN. 

Selain itu, penting juga menanamkan dalam diri Anda bahwa lulus Ujian Nasional merupakan target dan tujuan utama. Tetapi, melakukan kecurangan untuk lulus harus ‘diharamkan’ bagi diri kita. Tidak ada gunanya menghalalkan segala cara seperti poin empat dan lima di atas.

Ingat!  Lulus UN,  Yess! Berbuat curang, No! 

Semoga strategi ini bisa membantu Anda untuk lulus ujian.

17 Tanggapan

  1. Tips Anda bagus. Salam kenal. Sesekali mampir ke blog saya, baru dibikin kemarin.

  2. Thanx bgt atas info nya..

  3. ya ampunn knapa aq gak bisa mnghafal buat uan tolong bantu dunk kirim ke emile qu

  4. thank mas cara2ny,smg sy bisa lulus dengan nilai baik.amin.
    eh almt puspendik dmana mas??
    eh ya, q br blajar blog. . bisa knslts dg anda kah??

  5. terima kasih daeng, tipsnya
    akan saya share ke anak2 didik ku..

    — saya nyambi jadi tenaga guru bantu sukarela di SMP Muhammadiyah 2 di sini.. —

  6. Thank you so much for your strategies..

  7. Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam!

    http://www.infogue.com
    http://www.infogue.com/pendidikan/startegi_jitu_lulus_ujian_nasional_2008/

  8. Bang, kasih napa kunci UAN 2008? Coz ujiannya payah benerrr. Plitz bantu aq yach bang.

    • kunci..bukan jlan yng terbaik…..
      tpi ilmu yng kita punya adl snjata yng ampuh dan takkn pernah direbut org lain…

      selamat belajar….

  9. minta cara nya bias lulus UN

  10. sudah terbit buku persiapan prediksi uijian nasional sma tahun 2010…. lihat di http://haryanto-kimiaku.blogspot.com/2009/10/persiapan-ujian-nasional-un-smama-tahun.html

  11. makasih atas sarannya…tp namanya menghadapi ujian siapapun pasti grogi….
    jadi dengan di bekali do’a smoga seluruh anak indonesia lulus dengan hasil yang maksimal…..

  12. cara yang baik dan aman……….

    slamat mencoba adik-adik….

  13. GW YAKIN LULUS UN!!!!!!!
    MOHON DOANYA YA………

    AMIN YA ALLAH

  14. Mga za Q Lu2z ea,,,,,,,,,,
    Tahnxz wat tiPz’A,,,,,,,,,,,,,

  15. haduh,,,,,,,,,,,,semakin takut menghadapi UN,,,,ada gak,,,trik2 yang lain secara berkelompok didalam kelas pada saat UN sedang berlangsung??????????mohon jwabannya

  16. thank semoga saya bisa lulus ujian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: