Mengembangkan ‘High Order of Thinking’

 the-revised-bloom-taxonomy.jpg

Survey yang dilakukan oleh Partnership for 21 Century Skills di Amerika Serikat (2006) yang menanyakan tentang keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja di perusahaan-perusahaan terdepan AS lima tahun mendatang menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis (critical thinking) berada pada posisi pertama. Keterampilan lainnya yang menonjol dan penting menurut hasil survey adalah penguasaan teknologi informasi, kolaborasi, dan innovasi (Ken Key; 2006).

Survey dilakukan terhadap perusahaan besar yang sebagian besar diantaranya telah beroperasi di Indonesia dan kita rasakan service-nya secara langsung. Sebut saja, Microsoff, Ford, English First (EF), DELL, Adobe, dan Oracle.

Apa artinya hasil survey ini terhadap kita dan khususnya dunia pendidikan kita.  Hasil survey ini menjadi gambaran peta kebutuhan anak didik kita di masa depan, yakni pentingnya mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Siswa harus ditantang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order of thinking), kebalikan dari pratktik yang umum dalam keseharian pendidikan mereka yang kebanyakan berkutat pada kemampuan berpikir tingkat rendah (low order of thinking). Kemampuan yang kebanyakan berputar-putar pada pengembangan keterampilan mengingat yang sifatnya hafalan belaka.

Bukankah perusahaan-perusahaan tersebut juga menjadi kiblat bagi perusahaan di Indonesia?  Dan dari situ sebagian dari kita menggantungkan hidup. Jika tidak siap dan tidak disiapkan dari sekarang, kita akan gigit jari.

 Siswa kita harus disiapkan sejak sekarang. Suka atau tidak suka, senang atau tidak, fenomena tersebut merupakan gambaran dunia kerja masa depan. Meskipun, sesungguhnya proses pendidikan bukan hanya menyiapkan anak untuk memasuki dunia kerja.

Sejalan dengan hasil survey ini, Lorin Anderson sejak tahun 2001 juga telah melakukan revisi terhadap Bloom Taxonomy yang menempatkan mencipta (create) sebagai level keterampilan berpikir tertinggi. Keterampilan mencipta adalah implementasi dan aktualisasi dari kreativitas berpikir. Jadi, dalam pembelajaran anak harus ditantang untuk berpikir, menemukan masalah, menemukan alternatif solusi, dan menyelesaikannya.

Untuk dapat mengembangkan high order of thinking, disain pembelajaran harus mengarah pada pengembangkan kemampuan berpikir kritis. Mengapa? Bagaimana? Inilah dua pertanyaan kunci yang harus senantiasa hadir dalam kajian pembelajaran. Rangkaian kegiatan pembelajaran mutlak diarahkan kepada pengembangan kemampuan analisis, sintesis, dan mencipta.

Sejalan dengan pengembangan high order of thinking, siswa kita juga hendaknya dibiasakan ‘hidup’ dalam suasana yang mengembangan self managemen skill, research skill, social skill, problem solving skill, dan communication skill. Kita yakin bahwa hanya bekal keterampilan berpikir dan sotf skill-lah yang dapat membuat mereka bertahan hidup di masa depan. Jika, tidak saya khawatir mereka akan tergilas oleh zaman.

7 Tanggapan

  1. tulisanta ini ada hubungannya dgn tulidsanta sebelumnya…
    ketrampilan berpikir kritis itu terutama trgantung pada pembelajaran yg telah dilakukan, yakni belajar beyond the fact..:)

  2. sayah tambah satu lagi pak yg cukup penting… “attitude” tentunya…

  3. setuju Pak Sultan..
    mulai dengan cara bertanya dulu ya..

  4. daeng sultan……..kita sepakat banget dengan tulisan diatas, cuma saya menjadi sedih kalau kita kaitkan dengan sistim pendidikan kita yang masih karut marut…….menurut saya diperlukan guru yang mau “memahami” siswa, karena banyak lho guru yang nggak mau kalah dengan muridnya……sehingga pendapat murid cenderung “dilecehkan”. Nah bagaimana siswa mau melatih dan mengembangkan “critical thingkingnya” kalo kita guru tidak memberikan ruang yang luas untuk mereka….just reminder for all of us that we call “TEACHER”

  5. Berbagi Kasih Berbagi Buku, Lomba Puisi Berantai dan Pantun semuanya lagi diadakan oleh AM. terima tantangan yuk….! Klik http://angingmammiri.org

  6. Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Nantikan segera plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi telah tersedia dengan instalasi mudah & singkat. Salam!

    http://www.infogue.com
    http://www.infogue.com/pendidikan/mengembangkan_hight_order_of_thingking/

  7. This is really the fourth blog post, of your blog I actually went through.
    But I actually like this one, “Mengembangkan High Order of Thinking | Blog Sultan”
    the very best. Regards ,Willis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: