Warga Soroako: Belajar Mengelola Media Komunitas dari Panyingkul

          Jurnalisme participatory kini berkembang sebagai trend baru dunia jurnalistik. Sebuah model pengelolaan media berbasis warga yang dikenal dengan citizen journalism. Melalui citizen reporter, berbagai informasi aktual dapat terpublikasi ke publik dengan cepat. Citizen reporter yang notabene merupakan orang biasa bekerja layaknya wartawan dalam melaporkan suatu informasi. Ya, jurnalisme dari warga untuk warga!

Jurnalisme model baru ini telah berkembang dengan pesat di Amerika, Korea, dan sejumlah negara lainnya. Makassar pun tidak ketinggalan, melalui www.panyingkul.com berbagai tulisan orang biasa (baca; bukan jurnalis) tersaji dengan apik dari hari ke hari.

          Jurnalisme participatory telah menjadi media alternatif penyediaan informasi bagi masyarakat. Bahkan, model jurnalisme masa depan ini dapat melakukan  ‘perlawanan’ terhadap media mainstream yang mendominasi penyajian infomasi saat ini.

Untuk mendorong perkembangan jurnalisme parcipatory di kalangan masyarakat Soroako, beberapa hari lalu dilakukan Workshop Menulis dan Pengelolaan Media Komunitas. Workshop dipandu duet pendiri Panyingkul!, Lily Yulianti dan Farid Ma’ruf Ibrahim serta Miss Panyingkul, Nilam Indahsari. Peserta workshop datang berbagai profesi, seperti guru, perawat, karyawan PT INCO, ibu rumah tangga, dan pelajar.

3 Tanggapan

  1. weh tawwa, antusiasji warga sorowako ya ? mantap deh…
    mana foto2nya daeng…

    *saya senang sekali*

  2. Pak Sultan, ditunggu foto2nya.
    selain itu, menurut orang-orang setempat, Sorowako adalah ejaan yang mereka rekomendasikan. kata mereka pula, Soroako adalah ejaan yang diperkenalkan oleh orang luar. karena itu kemudian orang setelmpat lebih menyukai Sorowako.
    btw, larat belakang hitam membuat sulit dibaca

  3. ditunggu berita2nya daeng…:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: