Soroako yang Indah

Soroako mungkin begitu asing di telinga Anda. Jika demikian, itu wajar saja. Karena Soroako hanyalah satu kota kecil bahkan mungkin lebih tepat jika disebut desa yang berada di tengah belantara hutan di kawasan pertambangan PT International Nickel Indonesia Tbk. Satu wilayah yang berada jauh dari hingar bingar kehidupan kota. Bayangkan saja, jaraknya dengan ibu kota provinsi lebih dari 600 km atau satu jam perjalanan dengan pesawat terbang. Dengan perjalanan darat, oh..jauh lebih dahsyat lagi. Tidak kurang dari 13 jam harus dihabiskan dalam perjalanan.

Meskipun demikian, Soroako memiliki pesona alam yang sungguh sayang untuk dilewatkan. Soroako memiliki danau Matano dengan pemandangan yang begitu indah. Danau Matano menjadi objek hiburan paling populer dan nomor satu bagi warga Soroako yang didominasi para pekerja tambang. Disinilah tempat melepas kepenatan di tengah rutinitas kerja yang melelahkan.

Di pagi hari, Anda dapat menyaksikan matahari keluar dari balik bukit.  Sebuah pemandangan yang sungguh indah dan sayang untuk dilewatkan. Pantai Impian dan Pantai Ide adalah dua tempat favorit untuk menyaksikan fajar pagi di atas danau matano. Jika ingin menyaksikan Sang Surya kembali ke peraduannya, Pantai Kupu-kupu dan Pantai Salonsa adalah tempat yang paling tepat.

Selain menyanjikan keindahan danau Matano, Anda pun dapat menikmati keindahan perbukitan dan kota Soroako dari Bukit Butoh. Sebuah daerah ketinggian  yang lebih kenal dengan nama Pondok Cinta bagi kalangan pemuda-pemudi Soroako. Mengapa Pondok Cinta? Ya, karena di tempat kebanyakan kisah cinta muda-mudi Soroako mulai dirajuk. Dari sini Anda bisa memandang ke seluruh penjuru menikamati landscape Soroako. Mencapainya sungguh mudah. Joggig track dengan hiasan pepohonan nan hijau menghiasi di kiri dan kanan telah tersedia. Jalur yang menantang bahkan sudah menjadi hiburan tersendiri sebelum menggapai puncak Butoh.

Bagi Anda yang menyenangi tantangan, berkeliling atau menyeberangi Danau Matano adalah pilihannya. Dengan raft dan perahu tradisional (katinting) Anda dapat mengarungi danau danau terdalam di Indonesia. Di seberang Soroako, tepatnya di perkampungan Matano dan Nuha berbagai objek penuh keindahan menantikan kehadiran Anda setiap saat.Dari sumur hidup (mata air) hingga air terjun.

Di malam hari, Anda dapat berwisata dengan menikmati tumpahan slag di kawasan pabrik PT INCO. Mungkin pemadangan yang biasa saja, tetapi perlu dicatat bahwa pemandangan ini sungguh langkah untuk ditemukan di tempat lain.

Berbagai ‘suguhan’ alam inilah yang menjadi hiburan bagi warga Soroako. Sayangnya,pesona alam yang begitu indah ini belum banyak dikenal dan dinikmati masyarakat di luar kota Soroako. Dari sisi ekonomi pun belum mampu  keindahan alam ini belum mampu memberikan konstribusi yang signifikan.

Nah, Anda tertarik menyaksikannya? Berkunjunglah ke Soroako!

78 Tanggapan

  1. Nambahiin ya…
    Satu hal lagi yang qu suka, Kluwung (Pelangi) di Soroako sering sekali muncul dengan sangat indah.

  2. salam kenal

    mau tau ttg sorowako lagi:www.sorowakoku.wordpress.com

  3. salam kenal mas..

  4. sorowako memang indah. habis cuti..rasanya ingin cepat kembali

  5. sorowako memang indah. habis cuti..rasanya ingin cepat kembali

  6. Tulisannya menarik….
    salam kenal ya…

  7. Jauh banget oom….

  8. Nah ini dia yg bagus … bukan brita yg bikin depresi. keep up the good work.
    Bagi2 cerita n berita di http://www.ourpark.co.nz/soroako dong.

    Chris Houtomo

  9. Minta informasi tentang Buah dengen dong…!!!! Penting.. Saya perlu untuk kegiatan lomba di Bali… Yang punya kirim e-mail ke owner_zonealdi@yahoo.com.. Saya tunggu segera karena sudah mau deadline….

  10. saya ralat… yang punya info/referensi web tentang buah dengen catat aja di comment. Please saya sangat butuh info tentang dengen

  11. HAI…………………
    Soroako tempatq lahir dan besar……..
    kurang lebih 6 th yg lalu aq ninggalin soroako.buat ngejar cita2q selanjutx,sekarang aq ada di kota asal ke 2 ortuq.walaupun banyak yg bilang pulau bali adalah p.dewata nan indah tapi soroako tetep selalu buat aq kangen.terutama asri dan jauh dr kepenattan bising dr hiruk pikuk kota t4 tinggalq skrg.
    soroako emang asik

  12. soroako….. tempat yang indah bagi saya, jauh dari hiruk pikuk kehidupan yang ruwet seperti Jakarta. Selama liburan di sana terbenak dari pikiran saya untuk coba tinggal di soroako dan kerja di sana. Yang so pasti untuk cari uang di sana dech…. heeee…heee

  13. sorowako kota kecil namun indah, jauh dari kebisingan serta penduduknya yang ramah. itulah yang slalu membuatku rindu akan kota kelahiranku ini.

  14. tak ada tempat yang indah selain soroako…poko’e soroako the best….mmuah…mmuah

  15. Soroako memang indah, aku tinggal disana cuma 23 tahun. Pesanku kalau ke-Soroako jangan minum air danau-nya langsung karena bisa-bisa kamu akan susah meninggalkan Soroako, itu mitos-nya.

  16. salam kenal,

    Aku menamatkan pendidikan SD-ku di Soroako, thn. 1983. Artinya, 25 tahun sudah. Aku rindu kota kecil ini, aku rindu kawan2ku yang entah dimana mereka kini berada. Siapapun anda, bila tamat SD Singkole thn. 83, please, do not hesitate, contact me, immediately.
    My HP : 0812-9470242. I need you.

  17. Hi…
    SOROAKO…Aq udah pernah kesana.Tepatnya Agst’ 07.Itu ad/ pertama kalinya aq ke sn.Gileee…,Soroako emg betul” kota kecil yg indah buanget.Jauh dr hiruk-pikuk yg ada ditengah kota.Disana qta bs merasakan ketenangan.Pokoknya,ngga bakalan nyesel dech ke sana.P’lg lihat D.Matano.Aq rindu mau kesana lagi….Soalnya,aq jg punya bnyk kenangan….kenangan indah.Thx

  18. hi…\
    soroako tenang…beda bgt dng jakarta yg sumpekk
    hiksss
    \jdi kangen pulang

  19. Baca cerita ini jadi kangen bgt ma soroako
    sayang sekarang udah agak susah kesana lagi
    karna pace dah pensiun
    tp kota kelahiranku ini akan dikenang dalam hati selamanya
    hiks hiks

  20. Salam saudaraku, membaca posting diatas jadi terbayang keindahan Soroako sebagai bagian dari keindahan nusantara yang dilukiskan laksana untaian zamrud di khatulistiwa.
    Saya tertarik dan jika saudaraku Bung Sultan Habnoer bersedia menulis tentang Geliat Islam di Soroako tentu sangat menarik dan InsyaAllah sayapun bersedia memuat dalam Blog BULAN BINTANG MEDIA.

    Terus berjuang dan berkarya saudaraku…KEBENARAN MILIK BERSAMA

    Wassalam
    Saudaramu klik di http://bulanbintang.wordpress.com

  21. Salam saudaraku, membaca posting diatas jadi terbayang keindahan Soroako sebagai bagian dari keindahan nusantara yang dilukiskan laksana untaian zamrud di khatulistiwa.
    Saya tertarik dan jika saudaraku Bung Sultan Habnoer bersedia menulis tentang Geliat Islam di Soroako tentu sangat menarik dan InsyaAllah sayapun bersedia memuat dalam Blog BULAN BINTANG MEDIA.

    Terus berjuang dan berkarya saudaraku…KEBENARAN MILIK BERSAMA

    Wassalam
    Saudaramu klik di http://bulanbintang.wordpress.com

  22. Salam Kenal ya……….
    Soroako emang indah banget
    Tanak kelahiran yang udah gak pernah di kunjungi….
    Kangen sama soroako semenjak tamat SMP Singkole angkatan 96′ aku belum balik kesana lagi temem2 ku apa kabar ya dimana dikau…….

  23. HaLoo maT keNal yah…
    Soroako emank indah & ku kangen banget mo balik ke sana lagi sekarang keadaannya gimana yah? Ku dah lama pengen tinggal disana tapi gak pernah kesampeaaaann…. kak bisa tlong gak tentang informasi penerimaan siswa baru di SMA YPS?thaX be4

  24. maaf .. seharusnya bisa lebih lengkap infonya. Jadi yg komen ga hanya yang tau soroako itu apa dan dimana. Anda cuma nulis tidak begitu jauh dari ibukota.. ibukota apa? propinsi apa?

    Saya baru tau soroako, dan tertarik dengan beberapa komen diatas.. namun nggak jelas sebab tidak tau dimana lokasinya.

    sekian masukan saya, terimakasih…

  25. soroako……..hmmmmmmmmmmmm
    bagiku biasa aja seh…
    apa karena aku dah lama disana?\
    gak membuat aku pengen kembali tuh

  26. soroako untuk berlibur asik…dan mengnang masa kecil, tapi untuk kerja tidak. karena aku ingin kerja di daerah lebih pedesaan….
    sukses soroako

  27. soroako??mendengar desa tu rasa’y kangen bgt pulang k kampung halaman…heeheee
    soroako, d mana tempat aku lahir n d besarin…pokoknya tmpt’y yang indah tidak ada duanya…mskpn ku skrng jauh pergi meninggal kan kampung halaamn tapi soroako , tmpt yang slalu aku rindukan…=)

  28. Soroko… udah lama ga kesana… kangeeennn…. sama kaya comment mita diatas, karena pace udah pensiun… Tapi aku harus ke Soroako lagi… aku ingin suami dan anakku mengenal tempat yang indah ini… tempat aku dilahirkan sampai aku menamatkan SMA di SMU YPS. Buat ansor 99…. Haiiii…..

  29. Ternyata banyak juga ya mantan arek sorowako disini…. Pada datang aja kalau dah kangen.

  30. Saya pertama kali menginjakan kaki di Soroako tahun 1977 waktu itu saya baru berumur 6 th. Sebuah kota kecil yang makmur sekali dengan fasilitas rumah yang super2 hebat, yg saya rasa tidak satupun Desa di Indonesia yang memiliki fasilitas seperti itu. Tamat SMP YPS saya meninggalkan Soroako tahun 1984, sekarang sudag 24 tahun saya tidak pulang, tapi saya melihat di interneet hebat sekali…

    ths
    Joel

  31. saya bukan asli soroako tapi pinggirannya …. kangen ma wawondula …. met kenal buat smua ..

  32. Soroako memang tempat yg indah, saya punya banyak kenangan disana, selama hampir 8tahun tinggal disana, banyak masa2 sulit dan masa senang yang sulit utk dilupakan, tapi sayang sekarang saya sudah pulkam ke Gorontalo, jadi agak sulit utk ke soroako lagi walaupun hanya jalan2….”

    Salam utk Guru YPS : Ustad Ardias Barra
    Salam utk: Dosen dan Instruktur Akademi Teknik Soroako
    Salam utk: Alumni ATS angkatan 10 (cuma 36 org yg diwisuda)
    Salam utk imam mesjid Al-ikhwan: ustad IbnuHajar

  33. Selama kurang lebih 7tahun…tinggal di Soroako, banyak kenangan yang indah disana, dan gak mungkin terulang ditempat lain….sayang sekarang gue udah balik ke kampung halaman, kemungkinan untuk balik kesoroako sangat kecil sekali…..

  34. salam kenal yeee!!!
    wah uda 5 tahun gw g kesoroako lg, rasanya Gw kgn bgt kumpul ma tmn2 lg didanau matano. asik bgt lo dsn bnyak kenangan indah dan mengharukan yg pernah gw alamin disana. mudahaan2 gw dan temen2 lg dapat reunianian lg sambil makan ikan bakar + pocco’!!!!! ma’nyoezzzzz….
    Temen2 hubi gw dinomer ni: 081395288848

  35. soroako memang kota yang indah, jauh dari keramaian…apalagi bagi orang yang melankolis…pasti tempat ini cocok untuk di diami selama bebarapa tahun….samapi pada akhirnya menemukan kota yang nyaman….tapi sejauh ini tidak ada yang senyaman di soroako.buktinya kalo baca dari para comment semuanya menyenangi kota soroako….
    selain kota kelahiran….kedekatan dengan orang di sekitarlah yang membuatku lebih betah dengan soroako….
    pace sih memang sudah pensiun lama tapi…jika di pilih mau jalan2 ke mana saya lebih pilih ke soroako…
    mudah2n bisa jalan2 lagi ke sana….wah…tpi apakah suasana masyarakatnya masih sama dnegan yang dulu….sudah tidak kuketahui….sampai jumpa lagi soroako////
    wahai orang2 yang tinggal di soroako…jagalah kebersihan di sana supaya bisa menjadikan tempat untuk melampiaskan kejenuhan….he….

  36. Wah..kalo denger nama kota Soroako rasanya pingin banget balik ke sana…. udah hampir 20 tahun gw meninggalkan soroako, jadi inget masa kecil dulu sama temen2 disana , kotanya bersih, tenang, ada danaunya pokoke indah bgt…kapan ya gw bisa berkunjung ke sana lagi….

    Mungkin suatu saat nanti gw kan balik ke Soroako sekalian reunian sama temen2 lama yang masih tinggal disana…

    Hi.. Friends gmn kbrnya??

    Slm,
    Veronica Ambar

  37. Hi friends,

    12 November kemaren aku jalan2 ke Sorowako, barena ama suami n anak2. Sayangnya cuman sehari, tapi lumayanlah buat menghapus kerinduan akan Sorowako.

    Aku lahir di Wasuponda, tapi pernah bertugas 3 tahun (1997-2000) di Sorowako sebagai bidan. So, jadi merasa ikut memiliki Sorowako, hehe..

    Pantai Ide lagi renovasi, jadi ga bisa masuk. So kita ke pantai C n Pantai Kupu2. Tadinya mo jalan2 ke Sumasang, tp ga jadi karena diajakin temen yang asli Matano buat bikin kapurung n makan kepiting di rumah kebunnya. Letaknya persis di atas danau, deket dari pantai Kupu2. Jadilah suami n anak2 berenang abis2an, trus naik perahu di pinggiran pantai.

    Pokoke enak banget deh, sampai rasanya ga mau pulang. Tapi apa mau dikata, kerjaan di kantor numpuk, jadi harus balik ke Jakarta, hiks.. hiks..

  38. jadi rindu ama tanah kelahiran ku
    soroako….. .

  39. Soroako kenangan terindah…………………

  40. Soroako kota kecil ala dawson creek…indah banget n peace banget.. ^_^

    Waktu kecil paling seneng berenang di danau matano yg bersih dan engga dalem sambil makan buah dengeng pake kecap yang sengaja dibawa dari rumah ^_^ , sering juga main di tab sambil nunggu mother2 kita pada aerobik atau juga main sepeda di lapangan dan seputar jalan teratai…Duh jadi pengen balik kesana lagie….

    Tunggu aku ya soroako ! suatu saat aku pasti main kesana sekalian mengunjungi ari2ku… ^_^

  41. Hai..Sugeng….ketemu juga nih…soroako..tempoe doeloe., …..haloo..jika masih ada alumni SD Singkole’83 pls contact/sms us…’081342454383

  42. Hallo juga kawan, wah senang sekali bisa kembali bersapa dgn teman2 cerita kenangan soroako, lumayan uda lama jg ya…. SD Singkole’83 ampe SMA YPS ’89, cheers !!!

  43. Sorowako???? TOP ABIS DAH… gw lahir n besar diJakarta aja.. demen banget ama soroako… yg udah gw anggap kampung halaman….
    2 bulam udah gw di-KALTIM… tetep sorowako ga ada duanya…. Bokin ama anak gw tinggal disitu… jadi kangen berat neh…..GW MO NGABISI MASA TUA DISOROWAKO… Matano Lake?? wah ga pernah bosan gw muji2 danau ini… Jernih Buanget deh… Dari sabang sampe merauke ga ada duanya, terbukti..!!!
    Btw.. mas sultan ini kayanya kita pernah bareng dikelasnya Mr.Abraham Sutjiadi ya… Salam, Andy Intecs

  44. Soroako…….barang siapa yang sudah pernah minum airnya MATANO harus kembali ke sana…..

  45. Hi Soroako……….!!!!!!

    Hehe,,,
    Ini gina, alumni Sma Yps ’05….
    Kangen banged ma soroako,,,,,hiks3x
    Danaunya makin cantik. Apalagi airnya sekarang udah penuh,,jadi makin gampang deh berenangnya,,, jogging tracknya juga udah bagus yah?
    Terakhir aq liat, masih dalam proses. YAng sampai ke bandara itu kan,,,,
    mAkin asri aja soroako.. tenang, damai, enak buat nyari inspirasi baru…
    Kalo mau nyari hiburan n shopping emank gak ada di sana, tapi kalo mau nyari ketenangan jiwa segera aja ke sorowako…..
    Lingkungannya juga makin bersih aja, udah banyak tempat sampah yang tersedia dimana2,,,
    Hhh,mudah2an INCO cepat kembali dari krisisnya. Biar SRQ rame lagi…

    SRQ, I LUV U So MUCHHHHH

    Mizz U

  46. Sorowako……

    Kangen,,kangen,,,kangennnn,,,,,,,

  47. Soroako mengingatkan waktu masa kecil aku….kota kecil yang benar-benar indah….Mungkin suatu saat nanti aku pasti akan datang kesana lagi.

  48. orang tua saya adalah salah satu pekerja di pt inco, sudah sejak saya kecil saya tinggal di sana, sekarang sudah 3 tahun saya meninggalkan soroako, dan saya sangat merindukan segala sesuatu yang da di soroako, suatu saat pasti saya kembali, ….

    i love soroako

  49. Soroako itu di propinsi mana c????

  50. hei gimana nie hasi ujian nasional smp yps singkole ……..?????????/ LANCAR……………

  51. Soroako di mana?? jawabnya “Soroako di ujung langit, di kaki bukit di dasar danau, tapi tetap indah bagiku!!”

  52. Sorowako… Saya asli dari tanah Jawa, leluhur saya di Jawa…tapi walaupun saya bukan asli soroako, namun saya dibesarkan, sekolah SD-SMA YPS di sorowako, kembali bekerja , menikah dan sampai punya anak juga di soroako..sungguh amat sangat banyak keangan yang sudah membekas di soroako.Danaunya…. menikmati fasilitas perumahan dengan gratisan mulai listrik, telpon dan air..yang pada akhirnya bapakku pun meninggal dan dikubur di tanah soroako…

    • Inneceeeeeee….kangennn ka ma kamu say…
      Iyo kangenin mi ko sorowako terussss heheheeee…
      Kapan lagi ko kesini ????

  53. soroako memang indah

  54. sdh kangen dengan pantai IDE soroako

    http://mig33soroako.forumotions.com

  55. Aku tinggal di soroako 1983 sd 1987 bekerja di hospital. Kenangan yg tak kan pernah kulupakan. Soroako memang indah.

  56. Saya lahir di Jakarta aja sdh nganggap Sorowako sbg tempat kelahiran n kampung halaman.. Enak banget Sorowako.. Sy meninggalkan Sorowako 3 Feb 09 aja, skrg pengen balik lagi.. Pengen tinggal selamanya disana.. Enak abis tuh tempat.. Pokoknya sy harus tinggal disana, entah itu sambil bekerja, ato hari tua.. Haha.. O ya, yg blm tau Sorowako itu ada di Prop. Sulawesi Selatan, 600 Km ke arah utara Makassar, Selatannya Poso. Pulau Sulawesi kan bentuk huruf K, nah ditengah”nya itulah Sorowako.. Rencana Maret 2010 sy akan k Sorowako.. Pasti di thn 2010.. Udah kangen banget sih.. Ninggalin setahun uda kerasa lama banget.. Betulan deh kata orang : Yg minum air Matano (asli danau maupun kemasan Merk Matano.. Hehe..) pasti akan kembali kesana.. Amin..

  57. asswrwb.gmna chabar ente?anak brp?soroacho perkembangannya sprti apa sih?

  58. Ane Lahier&besar dt4ini(soroacho).menginjak masa remaja ane hijrah ke satu kota dipulau kalimantan.kota yg penuh dgn aktifitas dan kesibukan,d-1 sisi pnuih jg dgn keindahan alamnya yg masih jauh dri sentuhan tgn2 jahil,akn ttapi klo mau dbandngn dgn keindahan t_4 klahran ane jauuuuuuuuuuuuh1xand klo ingat msa2 kcl doloe rasa pngn poelang buat jumpa kwn lama slalu moencoel dlm pikiran ane. insya allah ane psti akn vblik…

  59. Aku cuma pendatang di soroako namun, kayanya saya lahir di srk krn tdk terasa udah 22 thn di soroako mencari rezky sampai-sampai aku dpt jodoh di soroako dan pekerjaan sy sampai saat ini ttp sbg security di PTI insya allah mudah-mudahan sampai pensiun.aminnnnnn

  60. Soroako….oh..soroako…
    Tempat kelahiranku… tempatnya gokil abies….
    pemandangannya sangat indah…
    Danau matano, Sekolahku SMU YPS, dan PT.INCO…

    Mantapp…
    betul…betul…betul…

  61. Kangen ka ma soroako n matano, apalagi di sini Timika tdk ada tempat rekreasinya…….kangen ka jg ma temand2 ku

  62. soroako is the best………..jdi pengen balik ke sana untuk mengenang masa2 indah waktu kcil . Ktanya soroako sdah banyak perubahan dr brta yg sy dpt . sy pasti akan datang ke sana lagi

  63. Dear pak Sultan,

    Boleh izin untuk di share pak? Terimakasih

  64. penuh kenangan dengan soroako ex bechtel, mungkin ada yang lain spt aq

  65. stuju.sbg ank yg memiliki orgtua asli soroako,sy sangat bangga dgn pencapaian-pencapai yg di lakukan di soroako. smua ttg soroako,sangat rugi kalo gk di nikmatin.

  66. ANDA KENAL SAMA BAPAK MOERDJITO,DIA KEPALA SEKOLAH SD SINGKOLE

  67. soroako…kota di mana aku di lahirkan……kota yang penuh kenangan..kota di mana alm papa ku menghebuskan nafas trakhirnya…kota yang ngga akan pernah aku lupa sampai kapanpun…..banyak kisa lucu di soroako……thankz buat masa kecil ku di soroako….

  68. ckckck…yg dah lma ninggalin soroako,berliburlah ke sini, hatimu akan damai.

  69. sorowako ……tempat terindah dan takkan pernah terlupakan oleh siapa pun yang pernah mengunjunginya….

  70. soroako? Hmm, kyknya pernah dnger…

  71. saya, gigih wicaksono. asli jawa timur saya di soroako cuma 22 bulan. tapi pingin ke soroako lagi.. saya tinggal di soroako. di jalan merapi. adakah tetangga saya yang di jalan merapi tahun 1998.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: